13 comments
  1. Saya tertarik membaca tulisan mba mengenai kursus di India, setelah sy membaca tulisan mba, sy berencana utk ikut daftar beasisa kursus di India. Akan tetapi ada beberapa hal yang mw sy tanyakan sm mba, (boleh kan,hehe) :
    1. Utk nilai TOEFL berapa ya skor minimalnya soalnya sy punya skors 455, apakah bisa tidak..?
    2. Utk format berkas yang kita kirimkan itu pakai amplop coklat dan untuk keteranganya apakah kita mencantumkan perihal kita dalam amplop berkas itu..?

    Mungkin itu saja pertannyaan sy mba..Terimakasih atas penjelasannya sebelumnya y mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya sebutkan, tidak ada minimal nilai toefl, hanya disyaratkan bisa berkomunikasi lisan dan tulisan dalam bahasa Inggris. Coba saja apply, pada dasarnya semua peserta disana belajar. Namun jika nilai anda baik, tentunya akan lebih memudahkan pihak yang menyeleksi untuk mempertimbangkan aplikasi anda.

      Ya, pakai amplop coklat, boleh tuliskan bahwa itu aplikasi beasiswa ITEC, pengirimannya ke education wing, India Embassy

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Malam mba, sangat menginspirasi pengalamannya =) semoga bisa menjadi modtivasi bagi kita semua ^^

      Oh ya mba, ada yg ingin saya tanyakan mengenai kelengkapan berkas spt ijazah, SK yg mba sebutkan utk dilampirkan tadi, apakah copyannya yg sudah ditranslate dlm b.ing atau cukup copyannya yg asli saja (dlm b.indonesia)?

      Dan utk sertifikat TOEFL yg dilampirkan adalah yg asli ataukah copyannya saja?

      Terima kasih mba, infonya sgt membantu =)

      Delete
  2. Dear mba Asri
    Terima kasih atas informasinya.
    Saya masih kurang jelas terkait Persyaratan kesehatan, apakah hasil tes hepatitis dan rontegen harus dinyatakan dalam bahasa inggris oleh dokter/rumah sakitnya??
    Kemudian, saya mendapati/menemukan, ada formulir dalam bentuk PDF di website http://itec.mea.gov.in/?pdf1325?000. apakah form tersebut digunakan dan dilampirkan? karena sepertinya form yang pdf tersebut harus diisi manual.
    dan didalam form tersebut, terdapat "Medical Report" yang harus di-ttd dan di cap oleh dokter/RS, saya aga bingung dengan dua fom tersebut (online form dan pdf form) yang mana yang digunakan?

    ReplyDelete
  3. Online form diisi sesuai hasil pdf form lah, kan sudah saya sampaikan kita apply dua metode, online dan offline. Hasil rontgen dan hepatitis tidak perlu dilampirkan tapi menjadi bahan dokter menyatakan di form yang diisi manual. Tapi untuk negara yang berbahaya wajib melampirkan hasil free hepatitis. Intinya form disediakan untuk kesaamaan format dan bahan dokter memeriksa apa saja untuk membuat seseorang dinyatakan sehat. Mudah-mudahan menjawab,

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum mbk Asri,

    Ini saya Idris. Mau tanya mengenai reference letter / endorsement letter. Kalau di sini saya sebagai pemilik sebuah instansi. Apa perlu buat surat tesebut? Atau cukup bikin surat pernyataan?
    Terima kasih

    Wassalamualaikum,
    Idris

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. untuk profesional qualification diisi apa mba?

    ReplyDelete
  7. Salam Mbak Asri,

    Saya Titus, dari Jogja. Mohon informasi, saya juga apply short course ITEC pada bulan Februari 2017 mendatang. Dari Kementerian Luar Negeri India sudah kirim email pemberitahuan "your application has been received and is now under process". Nah menurut pengalaman Mbak Asri berapa lama ya proses tersebut?
    Sekian dan terimakasih.

    Salam.

    ReplyDelete